counter

Kamis, 28 November 2013

Tugas Nadzhir itu mulia dan strategi



Barito Kuala, Humas :  Nazhir unsur penting dalam perwakafan, meskipun ulama fiqh tidak menyebutnya termasuk salah satu rukun wakaf. Tanpa nazhir, harta wakaf tidak dapat terjaga kelestariannya dan tidak dapat dikembangkan apalagi untuk diambil manfaatnya.
Artinya, tujuan wakaf dapat tercapai jika ada nazhir yang mampu melestarikan harta pokok wakaf, mengembangkanya dan mendistribusikan hasil pengelolaan wakaf sesuai dengan peruntukannya.

Karena Nazhir menjadi kunci tercapainya tujuan wakaf sehingga penentuan Nazhir harus memenuhi syarat-syarat yang dapat mengembangkan harta wakaf dan mendistribusikannya agar harta wakaf terus produktif dan mencapai tujuan wakaf.

Hal itulah yang mendurung penyelenggara syariah Kemenag Batola melaksanakan kegiatan peningkatan  pemahaman tugas nazhir terhadap harta benda wakaf sekabupaten Barito Kuala di Aula SKB Kabupaten Barito Kuala, Kamis (28/11). Sebanyak 60 peserta hadir dari unsur nazhir perwakilan tiap kecamatan dan Kepala KUA tiap kecamatan. Adapun narasumber terdiri dari 4 orang yaitu Drs. H. Sofrayani, M.Pd.I Kepala Kemenag Batola dengan materi Sistem Pengelolaan dan pemberdayaan wakaf di Indonesia, dilanjutkan dengan Drs. H. Jahran, Drs. Amal Fathullah, M.Pd.I dan H. Rusyidi Hatta, Lc

“ Tugas mulia dan strategi ini tentunya tidak ringan, untuk itu dipandang perlu diadakan orientasi atau kegiatan lain yang memberikan informasi untuk penguatan atau peningkatan pemahaman tentang tugas nazhir “ tegas Nahruddin kepala penyelengara syariah. Dalam sambutannya Drs. H. Sofrayani, M.Pd.I mengharapkan kepada peserta agar meningkatankan pemahanan terhadap tugas Nazhir dan meningkatkan administrasi, pengelolaan dan pengembangan, pengawasan dan perlindungan harta benda wakaf sesuai dengan tujuan dari kegiatan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes